Agama, Doa  

Doa Mandi Besar: Sebab Mandi Besar, dan Tata Caranya

Doa Ziarah Kubur

Doa mandi besar adalah bacaan awal proses membersihkan diri dari hadas besar dengan cara menyiramkan air ke seluruh tubuh dengan cara tertentu. Mandi besar berarti mandi yang harus dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang lebih besar karena beberapa sebab.ย 

Mandi besar adalah suatu keharusan wajib dilakukan. Hal ini karena jika seorang muslim tidak mandi, hal ini menghalanginya untuk melakukan ibadah, seperti shalat, membaca Al-Qur’an atau melakukan tawaf.ย Melakukan mandi wajib ini tidak bisa sembarangan, seorang muslim harus melafalkan niat sebelum mandi. Ada prosedur dan praktik yang harus diikuti, seorang muslim harus mengetahui tujuan dan tata cara mandi wajib ini.ย 

Bacaan Doa Mandi Besar dan Selengkapnya

Lantas bagaimana cara mandi besar yang benar? Ada dua hal yang harus dilakukan saat mandi besar. Pertama, niat yang diungkapkan dalam hati, ika dia juga bisa membaca secara lisan lebih baik.

Sebab yang Mengharuskan Mandi Besar

Sebelum mengetahui niat dan tata cara mandi wajib yang benar, inilah beberapa sebab yang mengharuskan mandi besar, diantaranya:

  • Berhubungan Seksual

Alasan mandi wajib pertama adalah hubungan antara pria dan wanita. Tentu saja, normal bagi pria dan wanita untuk berhubungan seks. Namun, baik pria maupun wanita diharuskan mandi setelah berhubungan badan.

  • Keluar Air Mani Secara Sengaja atau Tidak

Ini terjadi tidak hanya selama hubungan seksual, tetapi juga melalui nafsu, secara sadar atau tidak sadar.

  • Keluarnya Darah Haid atau Nifas

Kondisi ini biasanya terjadi pada tubuh wanita di mana siklus haid mengeluarkan darah haid setiap bulannya. Dan untuk nifas adalah darah yang keluar saat melahirkan.

  • Meninggal Dunia

Muslim yang mati, selain syahid, harus dimandikan. Para ulama telah lama mengakui aturan ini sebagai syarat atau alasan untuk mandi.

Baca Juga:  Bacaan Doa Setelah Adzan Serta Keutamaannya

Doa Mandi Besar

  • Doa Mandi Besar Setelah Berhubungan Seksual

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุงู„ู’ุบูุณู’ู„ูŽ ู„ูุฑูŽูู’ุนู ุงู’ู„ุญูŽุฏูŽุซู ุงู’ู„ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู ู…ูู†ูŽ ุงู’ู„ูุฌู†ูŽุงุจูŽุฉู ููŽุฑู’ุถู‹ุง ู„ูู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ โ€˜nawaytul ghusla lirofโ€™il hadastil akbari minaljanabah fardhu lillahi taโ€™alaโ€™.

Artinya: Saya niat mandi menghilangkan hadas besar jinabat, fardhu dengan nama Allah Ta’ala.

  • Doa Mandi Besar Keluar Air Mani Secara Sengaja atau Tidak

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุงู„ู’ุบูุณู’ู„ูŽ ู„ูุฑูŽูู’ุนู ุงู’ู„ุญูŽุฏูŽุซู ุงู’ู„ุฃูŽูƒู’ุจูŽุฑู ู…ูู†ูŽ ุงู’ู„ูุฌู†ูŽุงุจูŽุฉู ููŽุฑู’ุถู‹ุง ู„ูู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ โ€˜Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbari minal jinabati fardhan lillahi taโ€™alaโ€™.

Artinya: Saya niat mandi untuk menghilangkan hadas besar janabah, fardhu karena Allah taโ€™ala.

  • Doa Mandi Besar Keluarnya Darah Haid atau Nifas

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุงู„ู’ุบูุณู’ู„ูŽ ู„ูุฑูŽูู’ุนู ุงู„ู’ุญูŽุฏูŽุซู ุงู’ู„ุงูŽูƒู’ุจูŽุฑู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุญูŽูŠู’ุถู ููŽุฑู’ุถู‹ุง ูู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ โ€˜Nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbari minal haidhii fardhan lillahi taโ€™aalaโ€™.

Artinya: Saya niat mandi wajib untuk menghilangkan hadas besar akibat haid karena Allah ta’ala.

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุงู„ู’ุบูุณู’ู„ูŽ ู„ูุฑูŽูู’ุนู ุญูŽุฏูŽุซู ุงู„ู†ูู‘ููŽุงุณู ูู„ู„ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ โ€˜Nawaitul ghusla liraf’il hadatsi nifasi lillahi taโ€™aalaโ€™.

Artinya: Saya niat mandi wajib untuk menghilangkan hadas besar dari nifas karena Allah taโ€™ala.

  • Doa Mandi Besar Orang Meninggal Dunia

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุงู„ู’ุบูุณู’ู„ูŽ ู„ูู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ู…ูŽูŠู‘ูุชู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ โ€˜Nawaytul ghusla lihadza al mayyiti lillahi ta’alaโ€™.

Artinya: Saya niat memandikan jenazah laki-laki ini dengan nama Allah ta’ala.

ู†ูŽูˆูŽูŠู’ุชู ุงู„ู’ุบูุณู’ู„ูŽ ู„ูู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ู’ู…ูŽูŠู‘ูุชูŽุฉู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ โ€˜Nawaytul ghusla lihadzihi al mayyitati lillahi ta’alaโ€™.

Artinya: Saya niat untuk memandikan jenazah perempuan ini karena Allah Ta’ala.

Tata Cara Mandi Besar

Berikut ini adalah tata cara mandi besar bagi pria dan wanita menurut hadits Rasulullah SAW:

  • Dimulai dengan membaca doa mandi besar, membaca doa niat di awal hukumnya wajib. Cara membaca doa mandi besar ini bisa dilakukan dengan senyap dalam hati atau bersuara.
  • Tangan bisa dicuci hingga 3 kali. Hal ini untuk menjaga kebersihan tangan dan mencegah kontaminasi.
  • Bersihkan menggunakan tangan kiri bagian tubuh yang kotor dan tersembunyi. Biasanya bagian tubuh yang kotor ersembunyi seperti kemaluan, anus, ketiak, dan pusar.
  • Ulangi untuk mencuci kedua tangan.ย 
  • lakukan wudhu sebagaimana tata cara wudhu untuk shalat.
  • dibasahi rambut dari akar hingga menyentuh kulit kepala.
  • Setelah itu basahi badan secara merata dengan membasuh dari ujung kepala sampai ujung kaki dimulai dari sisi kanan lalu sisi kiri.
Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Wakatobi Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Saat Anda melakukan rangkaian tata cara mandi wajib, pastikan juga untuk membersihkan lipatan kulit atau area tubuh yang tersembunyi. Tata cara mandi wajib bagi wanita setelah haid dan nifas,ย  pria bersyahwat sebenarnya sama saja.

Akhir Kata

Artikel doa mandi besar adalah niat saat akan melakukan mandi wajib menghilangkan hadas besar dengan sebab yang mengharuskan. Tidak hanya itu, tata cara dalam melakukan juga lengkap.

 

Sumber Referensi:

https://www.orami.co.id/magazine/cara-mandi-wajib

https://www.liputan6.com/regional/read/4927133/doa-mandi-wajib-pria-dan-tata-cara-pelaksanaannya

https://www.tokopedia.com/blog/tata-cara-mandi-wajib-slm/?utm_source=google&utm_medium=organic

https://www.ayovaksindinkeskdi.id/doa-mandi-wajib/

https://www.detik.com/hikmah/doa-dan-hadits/d-6455305/niat-dan-doa-memandikan-jenazah-dalam-islam

https://www.suara.com/news/2022/11/01/073500/doa-mandi-wajib-pria-ini-bacaan-niat-dan-tata-caranya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *