Agama, Doa  

Doa Belajar dalam Bahasa Arab dan Latin, serta Arti

Doa Bercermin

Doa belajar adalah bacaan yang diucapkan seorang Muslim atau Muslimah sebelum dan setelah belajar sesuai tuntunan Rasulullah SAW. Dimana belajar merupakan ibadah yang disukai Allah SWT, karena itu sebaiknya diawali dengan doa agar Allah memudahkan dalam menuntut ilmu.

Selain itu, dengan berdoa sebelum belajar, harapannya cepat menyerap materi pelajaran atau sesuatu yang tengah dipelajari dengan baik, dan sabar ketika menghadapi materi yang sulit. Amalan ini penting untuk membentengi dari perasaan terburu-buru atau tidak tenang ketika belajar hingga sulit memahami materi.

Sedangkan doa setelah belajar merupakan pengharapan agar Allah memperkuat daya ingat setelahnya, dan ilmu tersebut memberikan manfaat yang banyak. Dengan demikian banyak hal dapat diselesaikan, seperti tugas harian, tes, juga ujian, dan terhindar dari kesulitan semisal mengulang kelas.

5 Doa Belajar Sebelum Aktivitas Dan Sesudahnya, Adab Berdoa Dan Waktu Mustajab

Tujuan dari berdoa adalah agar lebih mudah menerima pelajaran, memperoleh berkah dari proses belajar dan mendapatkan ilmu. Berikut adalah bacaan Doa belajar sebelum memulai aktivitas dan sesudahnya:

1. Doa Sebelum Belajar Pertama

Doa sebelum belajar pertama adalah bacaan dzikir yang diajarkan Rasulullah kepada sahabat Abu Said Al Khudri RA:

ุฑูŽุถูุชู ุจูุงุงู„ู„ู‡ู ุฑูŽุจูŽุง ูˆูŽุจูุงู„ู’ุงูุณู’ู„ุงูŽู…ู ุฏููŠู’ู†ูŽุง ูˆูŽุจูู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ู†ูŽุจููŠูŽุง ูˆูŽุฑูŽุณููˆู’ู„ุงูŽ ุฑูŽุจู‘ู ุฒูุฏู’ ู†ููŠู’ ุนูู„ู’ู…ู‹ู€ุงูˆูŽุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ูู€ูŠู’ ููŽู‡ู’ู…ู‹ู€ุง

Rodhitu billahirobba, wabil islaamidina, wabi-muhammadin nabiyyaw warosula. Robbi zidnii ‘ilmaa warzuqnii fahmaa

Artinya:

“Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”

2. Doa Sebelum Belajar Kedua

Doa sebelum belajar kedua adalah doa lainnya yang bisa dipanjatkan dari doa sebelumnya. Bisa juga dibaca kedua doa tersebut, semoga Allah menjadi lebih ridho dan mengabulkannya. Berikut doa tersebut:

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Dompu Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุงูŽู„ู’ู‡ูู…ู’ู†ูŽุงุนูู„ู’ู…ู‹ุงู†ูŽูู’ู‚ูŽู‡ู ุจูู‡ู ุงูŽูˆูŽุงู…ูุฑูŽูƒูŽ ูˆูŽู†ูŽูˆูŽุงู‡ููŠูŽูƒูŽ ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ูŽุงููŽู‡ู’ู…ู‹ุงู†ูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุจูู‡ู– ูƒูŽูŠู’ููŽ ู†ูู†ูŽุงุฌููŠู’ูƒูŽ ุจูุฑูŽุญู’ู…ูŽุชููƒูŽ ูŠูŽุงุงูŽุฑู’ุญูŽู…ูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุงุญูู…ููŠู’ู†ูŽุง. ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ู‘ูŽ ุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ูŽุงููŽู‡ู’ู…ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุญููู’ุธูŽ ุงู„ู’ู…ูุฑู’ุณูŽู„ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงูู„ู’ู‡ูŽุงู…ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽู„ุงูŽุกููƒูŽุฉู ุงู„ู’ู…ูู‚ูŽุฑู‘ูŽุจููŠู’ู†ูŽ ุจูุฑูŽุญู’ู…ูŽุชููƒูŽ ูŠูŽุงุงูŽุฑู’ุญูŽู…ูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุงุญูู…ููŠู’ู†ูŽ

Allaahumma alhimnaa ‘ilman nafqatu bihi awaa miraka wa nawaahiyaka warzuqnaa fahman na’lamu bihii kaifa nunaa jiika birahmatika yaa arhamar raahimiina.

Allaahummar zuqnaa fahman nabiyyiina wa hifdhal mursaliina wa ilhaamal malaa ikatil muqarrabiina birahmatika yaa arhamar raahimiina

Artinya:

“Ya Allah, berilah kami ilham berupa ilmu, yang dengannya aku dapat memahami segala perintah dan larangan-Mu, dan karuniailah kami pemahaman, yang dengannya kami dapat mengetahui bagaimana kami bermunajat kepada-Mu, Wahai Dzat yang Paling Pengasih.

Ya Allah, karuniakanlah kepada kami pemahaman seperti pemahaman para Nabi, daya hafal seperti daya hafal para Rasul, dan ilham seperti ilham para malaikat yang selalu mendekatkan diri kepada Allah, berkat rahmat Engkau, wahai Dzat yang Paling Pengasih di antara para pengasih.”

3. Doa Setelah Belajar Pertama

Doa setelah belajar pertama adalah doa yang dilantunkan ketika hendak menghentikan kegiatan belajar, agar tetap mengingat pelajaran tersebut. Oleh karena setelah memahami sesuatu, Muslim/ah akan memerlukan ingatan atau pemahaman yang telah didapat tadi di lain waktu.

ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ุงู†ู’ููŽุนู’ู†ูŽุง ุจูู…ูŽุงุนูŽู„ูŽู…ู’ุชูŽู†ูŽุง ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู’ ูŠูŽู†ู’ููŽุนูู†ูŽุง ูˆูŽุฒูุฏู’ู†ูŽุง ุนูู„ู’ู…ู‹ุง ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏูู„ูู„ู‘ ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ู‘ู ุญูŽุงู„ู

Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kullihal

Artinya:

“Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

4. Doa Setelah Belajar Kedua

Doa setelah belajar kedua adalah salah satu doa yang diajarkan Rasullulloh, permohonan untuk menggapai ridho-Nya:

ุงูŽู„ู„ู‘ ู‡ูู…ูŽู‘ ุฃูŽุฑูู†ูŽุง ุงู„ู’ุญูŽู‚ูŽู‘ ุญูŽู‚ู‹ู‘ุง ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ูŽุง ุงุชูู‘ู€ุจูŽุงุนูŽู‡ู ูˆูŽุฃูŽุฑูู†ูŽุง ุงู„ู’ุจูŽุงุทูู„ูŽ ุจูŽุงุทูู„ุงู‹ ูˆูŽุงุฑู’ุฒูู‚ู’ู†ูŽุง ุงุฌู’ุชูู†ูŽุงุจูŽู‡ู

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Pegunungan Bintang Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Allahumma arinal haqqa haqqa warzuqnat tibaa’ah. Wa arinal baathila ba-thilan warzuqnaj tinaabahu

Artinya:

“Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya”

5. Doa Setelah Belajar Ketiga

Doa setelah belajar ketiga adalah lantunan doa terutama ketika tengah dalam persiapan ujian. Dengan doa ini Muslim/ah meminta petunjuk Allah SWT, sehingga dapat menentukan jawaban yang tepat ketika menjawab soal-soal ujian kelak.

ุงูŽู„ู„ู‘ ู‡ูู…ูŽู‘ ุงูู†ูู‘ู‰ ุงูุณู’ุชูŽูˆู’ุฏูุนููƒูŽ ู…ูŽุงุนูŽู„ู‘ูŽู…ู’ุชูŽู†ููŠู’ู‡ู ููŽุงุฑู’ุฏูุฏู’ู‡ู ุงูู„ูŽู‰ู‘ูŽ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุญูŽุงุฌูŽุชูู‰ู’ ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูŽู†ู’ุณูŽู†ููŠู’ู‡ู ูŠูŽุงุฑูŽุจู‘ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู’ู†ูŽ

Allaahumma inni istaudi’uka maa ‘allamtanihi fardud-hu ilayya ‘inda haajati wa la tansanihi ya robbal ‘alamiin

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”

Membaca doa setelah selesai belajar merupakan perwujudan rasa syukur atas nikmat ilmu dan pemahaman yang diberikan.

Merujuk Buku Kumpulan Doa Sehari-hari Kemenag Jatim, tata cara berdoa adalah menghadap kiblat, membaca Hamdalah, Asmaul Husna, Istighfar, juga Shalawat. Ketika berdoa, posisikan diri sebagai hamba, rasakan kelemahan dan kebutuhan di hadapan Allah, agar berkenan mengabulkan.

Ucapkan doa dengan lembut, hindari bersuara lantang, mengangkat kedua tangan setinggi pundak, dan membeberkan kedua telapak tangan. Berdoa dengan penuh keyakinan, lalu ulangi hingga 3 kali. Akhiri doa dengan kembali memuji Allah, mengucap shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW.

Selain diucapkan sebelum dan sesudah belajar,ย  panjatkan juga doa di waktu-waktu mustajab (akan dikabulkan oleh Allah SWT). Waktu-waktu tersebut yaitu menjelang waktu sholat, jeda waktu antara azan dan iqamat, sewaktu Iโ€™tidal terakhir dan saat Sujud dalam sholat.

Baca Juga:  Sholat Witir dan Doa Witir, Sholat Sunnah Penutup Malam

Setelah sholat (dalam posisi duduk di atas sajadah), di antara Dzuhur dan Ashar, juga kurun waktuย  Ashar dengan Maghrib. Di sepertiga malam terakhir (sekitar jam 2-3 pagi), sepanjang hari Jumat, dan ketika mengikuti pengajian di majelis.ย 

Pada bulan Ramadhan (terutama di malam Lailatul Qadar), setelah khatam membaca Al-Qurโ€™an, atau saat turun hujan. Sewaktu Tawaf dan Wukuf haji di Arafah, saat meminum air Zamzam, juga ketika di medan perang menghadapi musuh.

Akhir Kata

Doa belajar adalah permohonan untuk mendapatkan ridho Allah sebelum memulai aktivitas belajar. Dengan ridhoNya, diharapkan Allah memberikan berkah atas ilmu tersebut sehingga bermanfaat dan tidak mudah hilang.

 

Sumber Referensi

  • https://jabar.tribunnews.com/2021/08/02/bacaan-doa-sebelum-belajar-dan-doa-setelah-belajar-lengkap-artinya-mohon-Allah-pahamkan-pelajaran
  • https://www.gramedia.com/literasi/doa-sebelum-dan-sesudah-belajar/
  • https://katadata.co.id/safrezi/berita/614459768c589/bacaan-doa-sebelum-belajar-dan-sesudah-belajar-beserta-artinya
  • https://m.bisnis.com/amp/read/20220811/79/1565895/doa-sebelum-belajar-dan-artinya-agar-ilmunya-semakin-berkah
  • https://www.detik.com/hikmah/doa-dan-hadits/d-6397929/4-doa-selesai-belajar-bacaan-arab-latin-dan-artinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *