Agama, Doa  

Niat Puasa Senin Kamis Hingga Keutamaannya

Doa Sahur

Ada satu amalan sunah yang sayang jika diabaikan, yaitu berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Namun niat puasa Senin Kamis adalah hal yang perlu diketahui bagi orang yang ingin berpuasa Senin Kamis.

Puasa hari Senin dan Kamis merupakan ibadah sunah yang jarang dilewatkan Nabi SAW semasa hidupnya. Salah satu keutamaan puasa adalah membuka pintu surga Ar Rayyan.

Keutamaan serta Niat Puasa Senin Kamis

Rasulullah SAW menyebutkan bahwa puasa Senin Kamis merupakan ibadah sunah yang kaya akan hikmah. Umat ​​Islam harus mengungkapkan niatnya untuk berpuasa Kamis sebelum menjalani puasanya.

Sebelum berpuasa Senin Kamis, perlu diketahui cara membaca doa niat puasa Senin Kamis. 

1. Niat Puasa Senin Kamis

Umat ​​Islam dianjurkan berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Adapun niat puasa pada hari Senin dan Kamis adalah sebagai berikut :

  • Niat puasa pada hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى ‘Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta’ala’.

Artinya: Saya niat puasa pada hari Senin, sunah karena Allah Ta`aala.

  • Niat puasa pada hari Kamis 

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى ‘Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta’ala’.

Artinya: Saya niat puasa pada hari Kamis, sunah karena Allah Ta’aala.

  • Niat Puasa Ganti Ramadan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى ‘Nawaitu shauma ghadin’an qadha’I fardhi syahri Ramadhana lillahi ta’ala’.

Artinya: Saya berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadan besok hari karena Allah Ta’ala.

Mari kita kutip Panduan Harian Ibadah Islam Lengkap KH. Muhammad Habibillah, Puasa Senin Kamis memiliki beberapa keutamaan. Adapun keutamaan dari puasa sunah Senin Kamis adalah sebagai berikut.

2. Sunah Nabi SAW

Anjuran ini disebutkan dalam sebuah hadits yang berbunyi sebagai berikut:

Baca Juga:  Niat Shalat Gerhana Bulan, Lengkap Dengan Dzikir Dan Doa

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan. Yang artinya Rasulullah biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis (HR Ibnu Majah, Tirmidzi, & Nasa’i).

3. Dibukanya Pintu Surga

Sebuah hadits menjelaskan keutamaan puasa pada hari Senin dan Kamis berbunyi:

Gerbang Surga terbuka pada hari Senin dan Kamis. Karenanya, semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dalam sesuatu apa pun akan diampuni dosanya kecuali orang yang memiliki permusuhan antara saudaranya.

Menurut hadits di atas, maknanya dapat dipahami pertama, Allah membuka pintu surga pada hari Senin dan Kamis. Maka jika tidak ada seorang pun dari hamba-hambaNya yang menyekutukan Allah, diampuni dosa-dosanya.

4. Pahala Dilipatgandakan

Allah SWT melipatgandakan pahala orang yang berpuasa. Nabi SAW bersabda:

Segala amalan anak Adam adalah untuknya kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu untukku (Allah) dan akulah yang membalasnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak wangi (HR Bukhari).

5. Waktu Diangkatnya Amal

Dalam sabdanya, Nabi SAW menjelaskan bahwa semua amalan akan dicatat atau disyariatkan setiap hari Senin dan Kamis.

Maka inilah salah satu sebab mengapa Rasulullah berpuasa selama dua hari tersebut. Sehingga momen amalan diserahkan kepada Allah dalam keadaan berpuasa.

6. Meredam Hawa Nafsu

Jika seseorang berpuasa secara teratur pada hari Senin dan Kamis, hal itu berdampak positif pada emosinya. Nafsu yang meledak-ledak ditekan dan mudah dikendalikan.

7. Menjaga Daya Ingat

Setelah membahas tentang manfaat puasa Senin dan Kamis dari sudut pandang Islam, kini saatnya melihat dari sisi keilmuan. Dipercayai bahwa puasa teratur menjaga ingatan pikiran manusia.

Menurut penelitian dari Neuroscience Laboratory of the National Institute on Aging, puasa dapat meningkatkan daya ingat. Menurut peneliti, pola makan dan puasa memengaruhi saraf. 

Baca Juga:  Doa Sahur, Disunnahkan Rasulullah dan Keutamaan Makan Sahur

Akibatnya, puasa dapat menyebabkan stres oksidatif ringan. Selain itu, dapat membantu neuron memperbaiki kerusakan oksidatif pada DNA.

8. Menurunkan Berat Badan

Puasa itu seperti diet rutin, misalnya dengan puasa Senin Kamis, racun dan lemak bisa dikeluarkan dari tubuh. Akibatnya, berat badan bisa turun.

Akhir Kata

Niat puasa Senin Kamis adalah Informasi niat puasa sunah Senin Kamis dibaca malam hari sebelum puasa atau masuk sahur. Puasa Senin Kamis juga memiliki keutamaan yang mengandung kebaikan di dalamnya.

 

Sumber Referensi :

  • https://www.suara.com/news/2022/08/10/101214/14-manfaat-puasa-Senin-Kamis-tak-hanya-mendulang-pahala-tapi-juga-jaga-kesehatan
  • https://iqra.republika.co.id/berita/ri6waw430/dalil-dan-niat-puasa-Senin-Kamis
  • https://www.insertlive.com/lifestyle/20221129152313-210-296928/niat-dan-tata-cara-puasa-Senin-Kamis-yang-diajarkan-nabi-muhammad-saw
  • https://iqra.republika.co.id/berita/ri6waw430/dalil-dan-niat-puasa-Senin-Kamis#:~:text=Puasa%20Senin%20Kamis%20memiliki%20dalil%20serta%20niat.&text=Rasulullah%20SAW%20bersabda%3A,.%22%20(HR%20Muslim).
  • https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6278773/13-keutamaan-puasa-Senin-Kamis-pintu-surga-ar-rayyan-menanti#:~:text=Puasa%20Senin%20Kamis%20adalah%20ibadah,dibukakan%20pintu%20surga%20Ar%20Rayyan.
  • https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6409790/niat-puasa-Senin-Kamis-dan-ganti-puasa-ramadan#:~:text=Bacaan%20Niat%20Puasa%20Senin%20Kamis&text=Nawaitu%20sauma%20yaumal%20itsnaini%20sunnatal,Senin%20karena%20Allah%20Ta’ala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *