Agama, Doa  

Doa Sebelum Belajar dan Manfaatnya yang Diperoleh

Susunan Bacaan Tahlil dan Doa Tahlil Beserta Artinya

Ketahuilah dengan pasti bahwa sebelum melakukan sesuatu harus diawali dengan doa, tak terkecuali dalam hal belajar. Doa sebelum belajar adalah doa yang memiliki manfaat untuk dibaca agar mendapatkan kemudahan dalam proses menuntut ilmu. 

Belajar merupakan kegiatan yang sangat penting bagi setiap orang, Anda juga harus berdoa sebelum belajar. Jadi doa sebelum belajar harus dihafalkan agar ilmu yang didapat berkah.

Selanjutnya, belajar juga bisa dikatakan sebagai ibadah yang disukai oleh Allah SWT. Dengan begitu, Anda bisa mengikuti pelajaran dengan lebih mudah dan materi bisa terserap dengan baik di benak Anda. 

Manfaat Doa Sebelum Belajar 

Sebelum menuntut ilmu, seorang muslim hendaknya berdoa agar ilmu yang diperolehnya nanti selalu berkah dan membawa banyak manfaat. Amalan doa sebelum belajar juga memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Dipermudah dalam Belajar

Belajar itu tidak mudah, tidak semua mata pelajaran yang diajarkan mudah diterima oleh semua orang. Terkadang Anda menemukan materi yang sulit dan membutuhkan konsentrasi. Jadi jangan lupa membaca doa sebelum belajar agar mudah memahami materi pelajaran.

2. Ilmu yang Didapat Menjadi Berkah

Tentunya saat belajar, Anda juga harus menyertakan Allah SWT dalam meraih Impian. Karena melalui kekuatan itu, ilmu yang telah Anda pelajari akan masuk ke dalam hati dan memperoleh keberkahan. 

Tidak hanya itu, pengetahuan yang Anda peroleh bukan hanya milik Anda sendiri. Namun, ke depannya juga diharapkan dapat bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan di sekitar Anda.

3. Kumpulan Doa Sebelum Belajar Beserta Artinya

Padahal, ada banyak kesempatan untuk berdoa sebelum belajar. Nyatanya, doa-doa ini tidak terlalu panjang untuk dihafalkan sebagai pedoman.

Berikut  kumpulan doa sebelum belajar dan artinya yang bisa anda hafalkan.

  • رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ
Baca Juga:  Niat Sholat Istikharah Serta Tata Cara dan Doa-nya

‘ Rabbi zidnii ‘ilmaa, warzuqni fahmaa, waj’ainii minash-shoolihiin ‘.

Artinya: Ya Tuhanku, berilah aku ilmu dan berilah aku karunia untuk  memahaminya. Dan jadikan aku salah satu orang yang bertakwa.

  • رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

‘ Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulli ‘.

Artinya: Tuhanku, bukalah dadaku dan permudahlah aku dan hilangkan kekakuan lidahku agar mereka mengerti perkataanku.

  • رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا وَبِالإِسْلَامِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلًا رَبِّ زِدْنِيْ عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا

‘ Rodlitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla Robbi zidni ilman nafi’a warzuqni fahma ‘.

Artinya: Saya ridha bahwa Allah SWT adalah Tuhan saya dan Islam adalah agama saya dan Muhammad sebagai nabi dan rasul saya. Ya Allah, tambahkanlah ilmuku dan berilah aku pengertian yang baik.

  • اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي ، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي ، وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

‘ Allahummanfa’ni bima ‘allamtani wa ‘allimni ma yanfa’uni wa zidni ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulli halin’.

Artinya: Ya Allah, izinkan aku mengambil manfaat dari semua ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku. Tolong beri saya informasi yang berguna dan informasi lebih lanjut. Segala puji bagi-Mu selalu.

  • اَللّٰهُمَّ اَلْهِمْنَاعِلْمًانَفْقَهُ بِهِ اَوَامِرَكَ وَنَوَاهِيَكَ وَارْزُقْنَافَهْمًانَعْلَمُ بِهٖ كَيْفَ نُنَاجِيْكَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَا. اَللّٰهُمَّ ارْزُقْنَافَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ وَاِلْهَامَ الْمَلاَءِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

‘Allaahumma alhimnaa ‘ilman nafqatu bihi awaa miraka wa nawaahiyaka warzuqnaa fahman na’lamu bihii kaifa nunaa jiika birahmatika yaa arhamar raahimiina. Allaahummar zuqnaa fahman nabiyyiina wa hifdhal mursaliina wa ilhaamal malaa ikatil muqarrabiina birahmatika yaa arhamar raahimiina ‘.

Baca Juga:  Doa Sholat Hajat: Jumlah Rakaat, Niat, dan Syarat

Artinya: Ya Allah, berilah kami ilham berupa ilmu yang dengannya aku dapat memahami segala perintah dan larangan-Mu, dan berilah kami pengertian yang dengannya kami tahu cara berdoa kepada-Mu, wahai Zat Yang Maha Penyayang. Ya Allah berilah kami pengertian seperti pengertian para nabi, hafalan seperti hafalan para rasul dan ilham seperti ilham para malaikat yang selalu menghampiri Allah, terima kasih atas rahmat-Mu Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Akhir Kata

Menghafalkan dan mengamalkan doa sebelum belajar adalah teladan yang baik sebelum memulai belajar. Dengan begitu tidak hanya ilmu yang mudah diserap, keberkahan pun banyak didapatkan.

 

Sumber Referensi:

  • https://www.celebrities.id/read/doa-belajar-47jF9T
  • https://www.finansialku.com/doa-belajar/
  • https://www.dream.co.id/stories/kumpulan-doa-sebelum-belajar-mudah-dihafal-dan-menuntut-ilmu-jadi-makin-berkah-211128b.html
  • https://www.merdeka.com/trending/bacaan-doa-belajar-di-sekolah-menurut-ajaran-islam-lengkap-beserta-adab-adabnya-kln.html
  • https://www.detik.com/jabar/berita/d-6416404/bacaan-doa-sebelum-belajar-bisa-diamalkan-saat-di-sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *