Agama, Doa  

Doa Ketika Hujan Turun, Amalkan agar Mendapatkan Keberkahan

Niat Sholat Idul Fitri

Dalam Islam setiap fenomena dan aktivitas memiliki doanya masing-masing, begitu juga doa saat turun hujan. Doa ketika hujan adalah bacaan yang diucapkan oleh seorang muslim saat hujan turun sebagai bentuk ketaatan pada Allah SWT dan berharap hujan menjadi suatu berkah dan rahmat dari Allah SWT.

Hujan memberi banyak manfaat bagi makhluk hidup di bumi dan fenomena yang patut untuk disyukuri. Makanya, dianjurkan untuk selalu berdoa agar terhindar dari bencana yang diakibatkan dari turunnya hujan. Hujan juga termasuk salah satu waktu mustajab untuk berdoa.

Doa Ketika Hujan dan Manfaat Hujan

Doa adalah senjata ampuh untuk meminta dan melakukan suatu kegiatan, termasuk berdoa saat sedang hujan. Berdoa saat hujan dengan harapan agar hujan yang turun menjadi berkah dan membawa manfaat bagi makhluk hidup. Berikut beberapa bacaan doa saat hujan.

Doa Saat Hujan Turun

Doa saat hujan turun diriwayatkan dalam hadits Bukhari No. 1032, dari Ummul Mukminin Aisyah RA. Doa ini menjadi doa saat hujan yang paling umum, yaitu:

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ุตูŽูŠูู‘ุจุงู‹ู†ูŽุงููุนุงู‹

Allahumma shoyyiban nafi’an.

Artinya: โ€œYa Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat.โ€

Doa Setelah Turun Hujan

ู…ูุทูุฑู’ู†ุงูŽ ุจูููŽุถู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุชูู‡ู

Muthirnaa bifadhlillaahi wa rahmatihi

Artinya: “Diturunkan kepada kamu hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya” (HR Bukhari).

Doa Saat Hujan Disertai Petir

Hujan yang turun terkadang juga disertai dengan petir yang membuat orang-orang takut, membuat suasana menjadi sedikit mencekam. Sangat dianjurkan untuk memanjatkan doa saat hujan turun disertai dengan petir, berikut doanya:

ุณูุจู’ุญุงูŽู†ูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ูŠูุณู’ุจูุญู ุงู„ุฑู‘ูŽุนู’ุฏู ุจูุญูŽู…ู’ุฏูู‡ู ูˆุงู„ู’ู…ูŽู„ุงูŽุฆููƒูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุฎููŠู’ููŽุชูู‡ู

Subhaanalladzi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatihi

Artinya: “Maha Suci Allah, petir dan para malaikat memuji Allah dan mensucikan-Nya karena takut kepada-Nya” (Hr. Imam Malik).

Baca Juga:  Doa Sholat Fardhu dan Zikir, Lengkap

Doa Saat Hujan Disertai Angin

Kadang-kadang hujan juga disertai dengan angin kencang yang bisa membuat orang-orang merasa takut. Maka, saat hujan turun dengan disertai angin berdoalah untuk meminta perlindungan. Berikut bacaan doanya:

ุงูŽู„ู„ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูู‘ูŠู’ ุฃูŽุณู’ุฆูŽู„ููƒูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑูŽู‡ูŽุง ูˆูŽุฎูŽูŠู’ุฑูŽ ู…ูŽุง ูููŠู’ู‡ูŽุง ูˆูŽุฎูŽูŠู’ุฑูŽู…ูŽุง ุงูุฑู’ุณูู„ูŽุชู’ ุจูู‡ู ูˆูŽุงูŽุนููˆู’ุฐูุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุดูŽุฑูู‘ู‡ูŽุง ูˆูŽุดูŽุฑูู‘ู…ูŽุง ูููŠู’ู‡ูŽุง ูˆูŽุดูŽุฑูู‘ู…ูŽุง ุงูุฑู’ุณูู„ูŽุชู’ ุจูู‡ู

Allaahumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya: “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.

Doa Saat Hujan Lebat

Banyak hal yang harus disyukuri dari pemberian Allah atas segala nikmat yang diberikan kepada manusia di bumi. Begitu juga dengan diberinya hujan yang lebat, Anda bisa membacakan doa berikut untuk meminta hujan lebat yang penuh berkah bukan merusak.

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ู‘ ุญูŽูˆูŽุงู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ูˆูŽู„ูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง,ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุขูƒูŽุงู…ู ูˆูŽุงู„ู’ุฌูุจูŽุงู„ู ูˆูŽุงู„ุธูู‘ุฑูŽุงุจู ูˆูŽุจูุทููˆู†ู ุงู„ู’ุฃูŽูˆู’ุฏููŠูŽุฉู ูˆูŽู…ูŽู†ูŽุงุจูุชู ุงู„ุดูŽู‘ุฌูŽุฑู

Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.

Doa Meminta Hujan Berhenti

ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ู‘ุญูŽูˆูŽุงู„ูŽูŠู’ู†ูŽุงูˆูŽู„ูŽุงุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง,ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ุนูŽู„ูŽู‰ุงู„ู’ุขูƒูŽุงู…ููˆูŽุงู„ู’ุฌูุจูŽุงู„ููˆูŽุงู„ุธูู‘ุฑูŽุงุจููˆูŽุจูุทููˆู†ูุงู„ู’ุฃูŽูˆู’ุฏููŠูŽุฉููˆูŽู…ูŽู†ูŽุงุจูุชูุงู„ุดูŽู‘ุฌูŽุฑ

Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan. (HR Bukhari).

Baca Juga:  Doa Mandi Haid, Hadits, dan Cara Melakukannya

Manfaat Hujan

Hujan yang turun ke bumi bukan jatuh tanpa alasan, Allah SWT menurunkan hujan untuk memberi manfaat bagi kehidupan makhluk hidup. Selain membaca doa saat turun hujan, dianjurkan juga untuk mengucap rasa syukur karena hujan yang membawa berkah. Berikut ini adalah beberapa manfaat hujan bagi makhluk hidup:

  1. Sebagai persediaan air minum.
  2. Menjadi sumber tenaga listrik.
  3. Menghemat air tanah.
  4. Membantu menyuburkan tanaman.
  5. Menumbuhkan biji-bijian di dalam tanah.
  6. Memperbaiki kualitas udara.
  7. Mendukung keberhasilan dalam bercocok tanam.
  8. Membantu untuk menjaga kelangsungan hidup manusia, hewan, dan tumbuhan.
  9. Menjadi salah satu sumber perekonomian masyarakat.

Dalam Fikih Doa dan Dzikir yang ditulis oleh Syaikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al Badr, hujan yang turun ke bumi terkadang bisa menjadi rahmat dan bermanfaat. Namun, terkadang juga bisa sebagai azab atau hujan yang berbahaya. Makanya, sudah seharusnya berdoa agar hujan turun menambah kebaikan dan keberkahan.

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai doa-doa saat hujan yang bisa diamalkan. Doa ketika hujan adalah amalan yang baik untuk dilakukan agar hujan yang turun menambah keberkahan untuk kehidupan makhluk hidup. Hal ini juga bisa diajarkan kepada anak-anak agar terbiasa untuk melakukannya.

 

 

Sumber Referensi:

https://www.detik.com/hikmah/doa-dan-hadits/d-6335912/doa-yang-dibaca-saat-turun-hujan-lengkap-dengan-artinya#:~:text=Allahumma%20’alal%20aakami%20wal%20jibaali,lembah%2C%20dan%20tempat%20tumbuhnya%20pepohonan.

https://www.dream.co.id/stories/doa-ketika-turun-hujan-arab-latin-dan-terjemahannya-lengkap-dengan-manfaat-hujan-220209p.html

https://www.bola.com/ragam/read/4657696/bacaan-doa-ketika-turun-hujan-lengkap-beserta-artinya

https://www.liputan6.com/islami/read/4940512/4-doa-saat-turun-hujan-lengkap-arab-latin-dan-terjemahan

https://www.republika.co.id/berita/qzepwv366/doa-ketika-turun-hujan-hujan-lebat-dan-setelah-hujan-reda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *