Agama, Doa  

Doa Bercermin: Adab Bercermin Anjuran Rasulullah SAW

Doa Bercermin

Doa bercermin adalah membaca doa agar seorang muslim selalu dapat berterima kasih kepada Allah atas karunia yang telah Dia berikan. Umat ​​Islam selalu dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT sebelum melakukan berbagai aktivitas, termasuk bercermin. 

Bercermin adalah salah satu rutinitas orang ketika ingin membersihkan wajah atau rambut. Agar kegiatan ini bermanfaat, dianjurkan untuk membaca doa di depan cermin.

Doa cermin harus dibaca sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas manfaat ciptaan-Nya. Doa berharap semoga Allah SWT  berkenan memperbaiki akhlak setiap muslim juga.

Doa Bercermin Lengkap

Mempercantik diri dan bercermin tentunya sudah menjadi salah satu aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh setiap orang, terutama bagi para wanita. Bercermin adalah bagian dari proses mempersiapkan diri agar bisa tampil percaya diri di jalan. 

Itu sebabnya Anda harus berdoa ketika Anda melihat ke cermin. 

Bacaan Doa Bercermin

Berikut doa saat bercermin lengkap dalam bahasa arab, latin dan artinya:

  • اللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي ‘Alloohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqi’

Artinya: Ya Tuhan, jika Anda elokkan tubuh saya, maka elokkan juga karakter saya.

  • رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَا إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ ‘Robbana at-mimlana nuurona waghfirlana innaka ala kulli syai’in qadir’.

Artinya: Ya Tuhan, jadikan kami cahaya yang sempurna dan ampuni kami, sungguh Engkau maha kuasa atas segalanya.

  • اَلْحَمْدُلِلّٰهِ الَّذِى سَوَّى خَلْقِى فَعَدَّلَهُ وَكَرَّمَ صُوْرَةَ وَجْهِى فَحَسَّنَهَاوَجَعَلَنِى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ ‘Alhamdulillahilladzi sawwaa khalqii fa’addalahu wa karrama shurata wajhii fahassanaha waja’alanii minal muslimin’.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menyempurnakan dan memperbaiki penciptaanku, memuliakan bentuk wajahku, sehingga memperindahku dan menjadikanku termasuk orang-orang Islam.

  • خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَ الۡاَرۡضَ بِالۡحَقِّ وَ صَوَّرَکُمۡ فَاَحۡسَنَ صُوَرَکُمۡ ۚ وَ اِلَیۡہِ الۡمَصِیۡرُ ‘Khalaqas samawati wal arḍa bil ḥaqqi wa ṣawwarakum fa aḥsana ṣuwarakum, wa ilaihil-maṣir’.
Baca Juga:  Doa Duduk di Antara Dua Sujud dan Makna di Dalamnya

Artinya: Dia menciptakan langit dan bumi dengan adil. Dia membentuk penampilanmu dan memperindah penampilanmu dan hanya untuk Allah SWT. Kembali(mu).

Baca Juga: Doa Sholat Dhuha: Pengertian, Manfaat dan Bacaan

Doa ini nampaknya singkat, namun dibalik segala kesederhanaannya terdapat makna yang sangat indah dan dalam. Coba pahami dengan baik dan Anda akan mendapatkan efek yang luar biasa dalam hidup Anda.

Anda akan puas dengan apa yang Anda dapatkan. Karena memang Allah SWT menciptakan manusia dengan sebaik-baik bentuk dan ciptaan.

Perlu diingat bahwa setiap individu memiliki kekhasan masing-masing, dalam individualitas tersebut masing-masing menemukan kelebihannya, disitulah nilai keindahan dapat dilihat.

Kita diingatkan tentang aspek batin kita, yaitu karakter/kepribadian dan kita harus ingat bahwa kecantikan bukan  hanya tentang penampilan wajah. Keindahan adalah sesuatu yang keluar dari diri kita, yaitu berupa akhlak yang mulia dan terpuji.

Adab Bercermin/Berhias 

Sebagai bentuk syukur, selain berdoa di depan cermin, ada juga beberapa adab untuk bercermin, misalnya:

  • Berdoa sambil ingat nikmat yang Allah berikan kepada Anda sambil melihat ke cermin.
  • Jangan terlalu mengagumi kecantikanmu sendiri.
  • Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu di depan cermin.
  • Tidak berlebihan saat bercermin.
  • Jangan mengkritik kelemahan fisik Anda sendiri.
  • Bersyukurlah atas segala kelebihanmu.
  • Bersabarlah dengan semua kesalahanmu.

Tentunya setiap orang memiliki individualitasnya masing-masing yang berbeda-beda pada setiap orang ya. Ada yang cantik, berambut keriting, bermata lebar, bermata indah, berkulit putih, berkulit sawo matang, dan masih banyak perbedaan fisik lainnya. Namun, terlepas dari penampilan fisik, Anda tidak boleh berkecil hati dan merasa tidak mampu. Harus mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT serta tidak membandingkan dirinya secara fisik dengan orang lain.

Baca Juga:  3 Doa Berbuka Puasa yang Sahih, Singkat dan Mudah Dihafalkan

Akhir Kata

Penjelasan doa bercermin adalah wujud rasa syukur sebagai hamba atas ciptaan Allah SWT dan selalu berusaha memperbaiki akhlak. Semoga Allah SWT memberi kekuatan untuk berdoa ketika sedang bercermin.

 

Sumber Referensi:

https://larahijab.com/doa-bercermin/

https://www.orami.co.id/magazine/doa-bercermin

https://www.merdeka.com/jateng/doa-bercermin-dalam-islam-lengkap-beserta-arti-dan-keutamaannya-kln.html

https://www.haibunda.com/parenting/20211229042937-61-263091/doa-bercermin-dan-artinya-yang-bisa-bunda-ajarkan-kepada-si-kecil

https://www.ayovaksindinkeskdi.id/doa-bercermin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *