Agama, Doa  

Cara dan Doa Meluluhkan Hati Seseorang

Doa Nabi Yunus

Q.S. Al-Baqarah ayat 73-74 menyebutkan hati yang tidak mau menerima tanda-tanda kekuasaan Allah akan menjadi keras seperti batu. Cara dan doa meluluhkan hati seseorang adalah hal yang perlu Anda praktikkan untuk menghadapi orang yang berhati keras. 

Kekerasan hati biasanya tercermin dalam perilaku. Berikut ini cara dan doa untuk meluluhkan hati yang keras dan enggan menerima pendapat maupun kebenaran yang disampaikan orang lain. Artikel ini merangkumnya dari beberapa sumber.

Cara dan Doa Meluluhkan Hati Seseorang yang Keras seperti Batu

Meluluhkan seseorang yang hatinya keras dan membatu adalah hal yang sulit. Lebih sulit lagi mempertahan hatinya yang telah lembut. Namun, Anda bisa mempraktikkan cara dan doa yang diajarkan dalam agama Islam.

1. Memberikan Nasihat dengan Lemah Lembut

Seseorang yang berhati keras adalah orang yang sebetulnya membutuhkan siraman nasihat. Namun, Anda harus memberikan nasihat dengan lemah lembut dan santun sehingga dia tidak merasa digurui. 

Hal inilah yang Allah SWT. perintahkan kepada Nabi Musa as dan Harun as ketika berdakwah kepada Fir’aun. “Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya (Firaun) dengan kata-kata yang lembut, mudah-mudahan dia sadar atau takut.” (Q.S. Thaha: 44)

2. Berdoa agar Allah Memberikan Kesabaran dan Melancarkan Segala Urusan

Luluh atau tidaknya hati seseorang adalah hak Allah SWT. Manusia hanya bisa berikthtiar. Ada baiknya, Anda mengimbangi nasihat yang sudah diberikan secara lemah lembut dan penuh kesabaran dengan memanjatkan doa berikut ini.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي 

Robbisyrohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohuu qoulii.

Artinya, “Ya Allah, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” (QS. Thoha: 25-28). 

Baca Juga:  Tahiyat Awal: Doa, Posisi Tangan Dan Kaki Ketika Duduk

3. Berdoa dan Memohon Kecintaan Allah

Orang yang dicintai Allah akan selalu mendapatkan perlindungan dan mendapatkan petunjuk (kemudahan) dalam setiap ikhtiar kemaslahatan, termasuk meluluhkan hati seseorang. Karenanya, seorang muslim juga seharusnya memohon kecintaan Allah untuk melengkapi doa meluluhkan hati seseorang.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ حُبَّكَ وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ وَالْعَمَلَ الَّذِي يُبَلِّغُنِي حُبَّكَ اللَّهُمَّ اجْعَلْ حُبَّكَ أَحَبَّ إِلَيَّ مِنْ نَفْسِي وَأَهْلِي وَمِنْ الْمَاءِ الْبَارِدِ

Allahumma innii as-aluka hubbaka wa hubba man yuhibbuka wal ‘amalal ladzii yuballigunii hubbaka, allahummaj’al hubbaka ahabba ilaiyya min nafsii wa ahlii wa minal maail baaridi.

Artinya, “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kecintaan-Mu, dan kecintaan orang yang mencintai-Mu, serta amalan yang menyampaikanku kepada kecintaan-Mu. Ya Allah, jadikanlah kecintaan-Mu lebih aku cintai daripada diriku, keluargaku serta air dingin.”

4. Berdoa agar Allah Meneguhkan Keimanan

Orang-orang yang telah diterangi hatinya sangat mungkin kembali ke jalan gelap. Agar terhindar dari hal demikian, Rasulullah menganjurkan umatnya agar untuk berdoa agar Allah meneguhkan hatinya dengan mengucap doa sebagai berikut:

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

Yaa muqollibal quluub tsabbit qolbii ‘ala diinika

Artinya, “Wahai Yang Membolak-balikkan Hati, teguhkanlah hatiku senantiasa di atas agama-Mu.”

5. Berserah Diri kepada Allah

Ranah manusia adalah berusaha, sedangkan keberhasilannya adalah ranah Allah. Jika Anda sudah berusaha dan doa meluluhkan hati seseorang, tugas Anda sekarang adalah bertawakkal, yaitu menyerahkan segala keputusan kepada Allah. 

Dalam Q.S. Ath-Thalaq ayat 3, Allah berfirman, “Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki-Nya). Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”

Akhir Kata

Doa meluluhkan hati seseorang adalah doa yang perlu dipanjatkan untuk mengiringi usaha meluluhkan hatinya yang keras. Setelah itu, Anda harus menyerahkan semuanya kepada Allah SWT.

Baca Juga:  Sikap Berusaha, Ikhtiar dan Bentuk yang Perlu Diterapkan

 

 

Referensi:

  • https://kalam.sindonews.com/read/640709/68/doa-agar-disukai-dan-dicintai-orang-yang-mencintai-allah-1640621557
  • https://hype.grid.id/read/433465090/kumpulan-doa-harian-bacalah-doa-meluluhkan-hati-seseorang-yang-diam-diam-kita-cintai-ini-lafalkan-tiap-hari
  • https://www.republika.co.id/berita/qlgt4u366/doa-memohon-kecintaan-allah
  • https://www.muslimterkini.com/zikir-doa/pr-904050889/ya-muqollibal-qulub-tsabbit-qolbi-ala-diinik-artinya-apa-ini-jawabannya
  • https://almanhaj.or.id/965-bertawakal-kepada-allah.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *