Agama, Doa  

Doa Nabi Yunus: Mencari Ridho Allah Dunia Akhirat

Doa Nabi Yunus

Doa Nabi Yunus adalah doa yang selalu diucapkannya ketika berada dalam perut ikan, mengharap ridho Allah sehingga diberikan jalan keluar. Kisah Nabi Yunus ini diabadikan dalam Surat Al-Anbiya Ayat 87, yang kemudian dikenal dengan nama Doa Dzun Nuun:

وَذَا ٱلنُّونِ إِذ ذَّهَبَ مُغَٰضِبًا فَظَنَّ أَن لَّن نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَىٰ فِى ٱلظُّلُمَٰتِ أَن لَّآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنتَ سُبْحَٰنَكَ إِنِّى كُنتُ مِنَ ٱلظَّٰلِمِينَ

“Wa żan-nụni iż żahaba mugāḍiban fa ẓanna al lan naqdira ‘alaihi fa nādā fiẓ-ẓulumāti al lā ilāha illā anta sub-ḥānaka innī kuntu minaẓ-ẓālimīn.”

Artinya:

“Dan (ingatlah kisah) Zun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, “Tidak ada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim.”

Kisah berawal ketika Nabi Yunus tidak bisa bersabar menghadapi kekafiran kaumnya, dan meninggalkan mereka tanpa meminta izin Allah dahulu. Nabi Yunus lalu menumpang kapal dan pergi ke negeri lain. Allah pun menegur dengan mendatangkan badai besar yang mengancam seluruh penghuni kapal.

Nakhoda kapal lalu mengundi orang yang akan dikorbankan, agar penumpang lain selamat. Nama Nabi Yunus keluar 3 kali, kemudian dilemparkanlah ke laut lalu ditelan ikan paus. Dalam perut ikan yang sangat gelap dan sesak, Nabi Yunus berdoa selama 40 hari tanpa henti.

5 Manfaat Doa Nabi Yunus, Mencari Ridho Allah Dan Mendapatkan Kebaikan Dunia Akhirat

Doa Dzun Nuun memiliki kedudukan tinggi dan dianjurkan dibaca pada segala kondisi, terutama pada situasi menakutkan dan mengancam keselamatan. Doa ini memohon ketenangan hati agar terlepas dari rasa gelisah, takut, atau gundah. Berikut manfaat Doa Dzun Nuun dalam kehidupan sehari-hari:

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Jembrana Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

1. Belajar Arti Kesabaran

Belajar arti kesabaran adalah hal yang diajarkan kisah ini selain keberanian mengakui kesalahan, bertobat, dan mengambil pelajaran atas kesalahan tersebut. Untuk selanjutnya bersabar juga berprasangka baik sehingga hati tenang dan Allah memberikan pertolongan juga jalan keluar dari masalah tersebut.

2. Diberikan Jalan Keluar Dari Kesulitan

Diberikan jalan keluar dari kesulitan adalah hikmah kedua dari doa ini. Setelah dimakan ikan, Nabi Yunus mengira dirinya sudah meninggal karena pekatnya kegelapan dan sunyi mencekam yang menyelimutinya.

Namun ketika anggota tubuhnya bisa digerakkan, Nabi Yunus sadar jika masih hidup dan langsung bersujud kepada Allah SWT. Dalam keadaan lapar, haus, dan rasa sesak yang melingkupi, Nabi Yunus memohon ampun, bertaubat dan bersungguh-sungguh meminta pertolongan Allah.

Beliau menyadari keadaanya sekarang merupakan teguran atas sikapnya lari dari tanggung jawab berdakwah kepada kaumnya. Hingga pada akhirnya Allah menerima taubat Nabi Yunus, dan ikan paus pun memuntahkannya keluar.

Oleh karenanya, doa ini tepat dibaca Muslim/ah yang tengah mengalami kesulitan hidup sangat berat dan mengharapkan pertolongan Allah SWT.

3. Dikabulkannya Doa

Dikabulkannya doa adalah hikmah berdasarkan hadits Nabi yang diriwayatkan At-Tirmidzi,

“Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: “Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin”. Artinya:

Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau (ya Allah), Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-orang yang berbuat zalim/aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya.” (H.R. At-Tirmidzi

Oleh sebab itu, jika seorang Muslim/ah melantunkan doa ini dengan hajat tertentu maka akan dikabulkan Allah SWT. Sebagaimana dikabulkannya keinginan Nabi Yunus akan keselamatan dan keluar dari perut ikan paus.

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Seram Bagian Barat Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Adapun banyak dan lamanya amalan yang dianjurkan para ulama berbeda-beda. Imam Ibnul Qayyim RA menyatakan Doa Dzun Nuun sebaiknya diamalkan 100 kali selama 40 malam. Sementara Syekh Ali Jaber menyarankan membacanya minimal 100 kali dalam sehari.

Sedangkan ulama lain melantunkannya 40 kali setelah sholat subuh, namun ada juga yang mengamalkannya seribu kali tiap hari.

4. Diterimanya Taubat

Diterimanya taubat adalah hikmah lainnya, dimana menurut pendapat jumhur ulama, doa ini mengandung hal-hal yang disukai Allah. Diantaranya; pengakuan atas perbuatan dzalim, pernyataan istighfar, juga tauhid.

Dengan membaca doa ini, Insya Allah taubat seorang Muslim/ah akan diterima, selama dilakukan dengan bersungguh-sungguh.

5. Mendapatkan Pahala Mati Syahid

Mendapatkan pahala mati syahid adalah hikmah yang didapat, merujuk hadist riwayat Imam Hakim,

“Barangsiapa yang berdoa dengannya kepada orang yang sakit sebanyak 40 kali, maka jika ia mati, ia mati dalam keadaan membawa pahala mati syahid. Jika sembuh, maka sembuh dalam keadaan dosanya terampuni.” HR. Imam Hakim

Apabila Doa Dzun Nuun dibacakan 40 kali sehari pada orang sakit, maka jika ia meninggal akan mendapatkan pahala mati syahid. Dimana mati syahid adalah posisi tertinggi seorang Muslim/ah, karena  malaikat mengiringi proses terlepasnya roh dari jasad lalu menuju langit.

Akhir Kata

Doa Nabi Yunus adalah doa yang diamalkan terus-menerus selama 40 hari sehingga Allah ridho lalu mengeluarkannya dari perut ikan paus. Muslim/ah yang mengamalkan doa ini pun insya Allah akan diberikan jalan keluar dari kesulitan yang tengah dihadapinya. 

 

 

Sumber Referensi

https://yatimmandiri.org/blog/sejarah/doa-nabi-yunus/#:~:text=%E2%80%9CDoa%20Dzun%20Nuun%20(Nabi%20Yunus,yang%20berbuat%20zalim%2Faniaya).

https://tafsirweb.com/5599-surat-al-anbiya-ayat-87.html

https://id.theasianparent.com/doa-nabi-yunus

https://www.detik.com/jabar/berita/d-6184330/doa-nabi-yunus-bacaan-keutamaan-dan-cara-mengamalkannya

https://www.popbela.com/career/inspiration/ulfa-luthfia-hidayatty/manfaat-membaca-doa-nabi-yunus

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *