Agama, Doa  

Kumpulan Doa Setelah Sholat Dan Zikir yang Baik Diamalkan

Bacaan Tasbih Setelah Sholat Serta Keutamaannya

Membaca doa setelah sholat fardu memiliki beberapa manfaat dan dapat membantu meningkatkan kebiasaan pahala seorang muslim. Selain itu, membaca doa setelah sholat dapat mendatangkan banyak pahala bagi muslim yang melakukannya.

Tak jarang, ketika seseorang baru saja selesai sholat wajib, dia langsung bergegas keluar dari tempat sholat dan menjalankan urusannya. Namun alangkah baiknya jika tetap berada di mushola sebentar dan berdoa kepada Allah SWT.

Berzikir dan berdoa setelah sholat wajib merupakan anjuran Nabi SAW kepada umatnya. 

Bagaimana Doa Setelah Sholat dan Membaca Zikir?

Setelah sholat fardhu, ada kumpulan doa setelah sholat yang bisa Anda amalkan. Selain untuk memohon kepada Allah SWT, kegiatan ini juga dapat menambah pahala dan menambah keimanan kepada-Nya.

Nah berikut kumpulan doa dan zikir setelah sholat fardhu untuk Anda amalkan.

1. Doa Memuji Allah SWT

Ketika Anda berdoa, lebih baik mulai memuji Allah SWT. Baru setelah itu bisa melanjutkan membaca doa-doa lainnya. Berikut adalah doa memuji Allah SWT yang dapat Anda hafalkan:

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ ‘Alhamdulillahirabbil ‘alamin, Hamdan yuwafi ni’amahu wa yukafi u mazidah ya rabbana lakal hamdu kama yanbaghi lijalali wajhikal karimi wa’adzimi sulthanik’.

Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Pujian sebanding dengan nikmat-Nya dan menjamin peningkatannya. Ya Tuhan kami, segala puji bagi-Mu dan Engkau segala puji menurut kebesaran sifat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.

2. Sholawat Nabi Muhammad SAW

Setelah sholat wajib, kelompok doa selanjutnya membaca Sholawat Nabi. Sholawat diceritakan oleh para ulama, oleh karena itu sangat baik dibaca setelah selesai sholat fardhu.

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Gunung Kidul Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Berikut bacaannya:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ

‘Allahumma sholli ‘ala muhammad wa ‘ala aali muhammad’.

Artinya: Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW dan keluarga Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Doa Setelah Wudhu Singkat Arab Dan Latin

3. Doa Mohon Keselamatan Dunia dan Akhirat

Bacaan doa tersebut adalah sebagai berikut:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

‘Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wa fil aakhiraati khasanah, wa qinaa adzaabannaar’.

Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kami hal-hal baik di dunia dan hal-hal baik di akhirat, dan lindungi kami dari siksa neraka.

4. Doa Mohon Perlindungan Dari Hal Negatif

Seperti berikut bacaannya :

اللَّهُمَّإِنِّىأَعُوذُبِكَمِنَالْعَجْزِوَالْكَسَلِوَالْجُبْنِوَالْهَرَمِوَالْبُخْلِوَأَعُوذُبِكَمِنْعَذَابِالْقَبْرِوَمِنْفِتْنَةِالْمَحْيَاوَالْمَمَاتِ

‘Allahumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a’udzu bika min ‘adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat’.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, ketakutan, kejelekan dan kesengsaraan usia tua. Dan aku juga berlindung denganmu dari siksa kubur dan kemalangan hidup dan mati. 

5. Doa Dijauhkan dari Penyakit Hati

Doa ini termasuk permohonan untuk selalu dilindungi dari ilmu yang sia-sia, dari hati yang tidak rendah hati, dari nafsu dan dari doa yang tidak terkabul. Berikut doanya:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ, وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ, وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ, وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا

‘Allahumma innii a’udzubika min ‘ilmi laa yanfa’u wa min qalbin laa yakhsya’ wa min nafsin laa yasba’ wa min da’watin laa yustajab’.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang sia-sia, dari hati yang tidak khusyuk, dari keinginan yang tidak terpuaskan dan doa yang tidak terkabul.

Baca Juga:  Ketahui Hukum dan Bacaan Niat Puasa Rajab, Bisa Diamalkan

6. Doa Keselamatan Orang Tua

Berikut bacaannya :

رَبَّنَااغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِمَشَايِخِنَا وَلِمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا وَلِمَنْ اَحَبَّ وَاَحْسَنَ اِلَيْنَا وَلِكَافَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ اَجْمَعِيْنَ

‘Rabbanagh firlana dzunuubanaa wa liwaa-lidiinaa walimasyaayikhinaa wa limu’alli-mienaa wa liman lahuu h aqqun’ alain aa wa lim an ahabba wa ahsana ilaina wa likaaffatil mus limun a ajma’iin’.

Artinya: Ya Tuhan kami, ampunilah dosa kami, orang tua kami, para sesepuh, guru kami, orang yang berhak atas kami, orang yang mencintai kami dan berbuat baik kepada kami, dan dosa semua Muslim. 

Adapun bacaan zikir Setelah sholat Wajib 5 Waktu yang dibaca Rasulullah SAW seperti berikut :

7. Membaca Istighfar (3x)

أَسْتَغْفِرُ اللًّهَ , أَسْتَغْفِرُ اللًّهَ , أَسْتَغْفِرُ اللًّهَ

‘Astaghfirulloh, Astaghfirulloh, Astaghfirullah’.

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah, Aku memohon ampun kepada Allah, Aku memohon ampun kepada Allah.

8. Membaca Doa Keselamatan

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ

‘Allohumma antas salaam wa minkas salaam tabaarokta yaa dzal jalaali wal ikrom’.

Artinya: Sesungguhnya Allah, Engkaulah pemberi keselamatan dan keselamatan hanya datang darimu, diberkatilah engkau, pemilik keagungan dan kemuliaan.

9. Membaca Ayat Kursi

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِي

‘Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum laa ta’khudzuhuu sinatuuw walaa naum lahuu maa fiis samaawaati wamaa fil ardhi man dzaal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi-idznih ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum walaa yuhiithuuna bisyai-in min ‘ilmihii illaa bimaasyaa-a wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardho walaa ya-uuduhuu hifzhuhumaa wahuwal ’aliyyul azdhiim’.

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah di Bener Meriah Hari Ini - Info Ramadhan Bimasislam Kemenag

Artinya: Allah tidak ada Tuhan melainkan Dia yang kekal dan menopang makhluk-Nya, tidak mengantuk atau mengantuk, semua yang ada di langit dan bumi adalah milik-Nya. Siapa yang bisa berdoa di hadapan Allah tanpa izinnya? Allah mengetahui apa yang di depan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui ilmu Allah kecuali apa yang Dia kehendaki. Kursi Allah meliputi langit dan bumi, dan Allah tidak terbebani untuk memelihara keduanya, dan Tuhan itu tinggi dan agung.

10. Membaca Tasbih, Tahmid, Dan Takbir

  • سُبْحَانَ اللَّهِ ‘Subhaanalloh (33x)’.

Artinya: Maha Suci Allah.

  • الْحَمْدُ لِلَّ ‘Alhamdulillah (33x)’.

Artinya: Segala puji bagi Allah.

  • اللَّهُ أَكْبَرُ ‘Allohu akbar (33x)’.

Artinya: Allah Maha Besar.

Akhir Kata

Membaca dan memahami doa setelah sholat adalah teladan yang baik bagi seorang muslim dan harus diamalkan dalam kehidupan. Agar kehidupan seorang muslim penuh rahmat dan menjadi muslim yang beradab dan berilmu.

 

Sumber Referensi:

  • https://news.detik.com/berita/d-4668824/bacaan-doa-setelah-sholat-5-waktu-lengkap-dan-artinya
  • https://www.gramedia.com/literasi/bacaan-doa-setelah-sholat/
  • https://www.dream.co.id/stories/kumpulan-doa-doa-setelah-sholat-fardhu-yang-sangat-baik-diamalkan-setiap-hari-220424q.html
  • https://www.merdeka.com/jatim/doa-keselamatan-dunia-akhirat-arab-dan-latin-amalkan-setiap-hari-kln.html
  • https://surabaya.tribunnews.com/2022/11/18/kumpulan-lirik-sholawat-nabi-terjemahan-indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *