Agama, Doa  

Niat Mandi Setelah Haid dan Tata Cara Sesuai Tuntunan Islam

Doa Mandi Haid, Hadits, dan Cara Melakukannya

Niat mandi setelah haid adalah bacaan yang harus dibaca oleh wanita muslimah saat akan bersuci dari hadas besar. Orang yang sedang haid tidak diwajibkan melakukan ibadah, seperti sholat, puasa, membaca atau menyentuh Al-Quran sampai dirinya benar-benar suci.

Cara bersuci setelah haid yaitu dengan melaksanakan mandi wajib haid. Mandi wajib haid sendiri ada niat serta tata caranya. Untuk mengetahui niat mandi setelah haid, silahkan simak penjelasannya sampai selesai.

Niat Mandi Setelah Haid

Sebagai perempuan muslimah dewasa, sebaiknya tidak mengabaikan tata cara mandi setelah haid. Berikut ini adalah niat serta tata cara mandi wajib haid.

1. Niat Mandi Setelah Haid

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ مِنَ الحَيْضِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu ghusla lirof’il hadatsil akbari minal haidhi fardha lillahi ta’ala.

Artinya:”Aku berniat mengerjakan mandi untuk menghilangkan hadas besar sebab haid karena Allah taala.

2. Tata Cara Mandi Setelah Haid

Mandi wajib haid ada tata caranya seperti yang disebutkan sebelumnya. Nah, setelah membaca niat mandi wajib haid, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Mencuci tangan sebanyak tiga kali sebelum memasukkannya ke tempat air atau sebelum mandi.
  • Membersihkan kemaluan dengan menggunakan tangan kiri.
  • Mencuci tangan setelah membersihkan kemaluan menggunakan sabun atau sejenisnya.
  • Berwudhu secara sempurna seperti saat akan sholat.
  • Menyiramkan air ke kepala sebanyak tiga kali.
  • Mengguyurkan air ke kepala sebanyak tiga kali sampai ke pangkal rambut atau kulit kepala sambil menggosok-gosok dan menyela-nyela rambut. Bagi perempuan tidak wajib untuk mengurai ikatan rambutnya.
  • Mengguyurkan air keseluruh badan dari sisi kanan, kemudian sisi kiri.

3. Doa Setelah Mandi Wajib

Setelah melakukan mandi wajib haid sesuai dengan tata cara yang tepat, selanjutnya membaca dia setelah selesai mandi wajib haid. Berikut ini doa setelah mandi wajib haid:

Baca Juga:  Niat Sholat Dhuha, Ibadah Sunnah Pembuka Pintu Rezeki

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ

Asyhadu an laa ilaha illallahu wahdahu laa syarika lahu, wa syhadu anna Muhammadan abduhu wa Rasuluhu. Allahummaj’alni minattawwabiina, waj’alni minal mutathahhiriina.

Artinya: “Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah yang maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah hamba termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah hamba termasuk orang-orang yang selalu mensucikan diri.”

4. Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mandi Wajib Haid

Menurut penjelasan dari Imam An-Nawawi Al-Bantani, setidaknya terdapat 4 hal yang sering terlupakan saat mandi wajib, diantaranya yaitu:

  • Niat harus dibacakan di dalam hati bersamaan dengan saat pertama kali mengguyurkan air ke badan. Niat yang dilafalkan dalam lisan adalah untuk memantapkan sesuatu yang dii’tikadkan di dalam hati.
  • Niat dibaca secara sempurna.
  • Niat dibaca ketika dalam basuhan pertama pada anggota tubuh. Apabila baru ingat membaca niat setelah pembasuhan atau di tengah-tengah basuh, maka tidak sah dan wajib mengulang basuhan sebelumnya.
  • Ketika mengalirkan air ke seluruh tubuh, pastikan setiap lekukan tubuh terkena air secara sempurna. Karena termasuk fardu mandi yaitu air harus mengalir ke seluruh tubuh bahkan sampai ke bagian lekukan-lekukan kulit.

Akhir Kata

Niat mandi setelah haid adalah bacaan yang wajib dibaca saat seseorang melaksanakan mandi wajib haid. Membaca niat mandi wajib haid hukumnya wajib, karena tanpa membaca niat maka mandinya tidak akan sah. Oleh karena itu, pastikan Anda membaca niat serta melakukannya dengan benar sesuai dengan tata cara dalam Islam.

Baca Juga:  Surat Yusuf ayat 4: Pahami Arti Dan Kandungannya

 

 

 

Referensi:

https://www.google.com/amp/s/www.detik.com/edu/detikpedia/d-6060603/tata-cara-mandi-wajib-setelah-haid-niat-dan-langkah—langkahnya/amp

https://www.google.com/amp/s/www.gramedia.com/literasi/niat-mandi-wajib-setelah-haid/amp/

https://bincangmuslimah.com/ibadah/empat-hal-yang-mesti-diperhatikan-ketika-mandi-wajib-30018/

https://www.google.com/amp/s/www.orami.co.id/magazine/amp/cara-mandi-wajib

https://jogja.tribunnews.com/2022/10/05/doa-setelah-mandi-junub-beserta-tuntunannya-menurut-rasulullah-saw

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *